Laman

29 Apr 2016

Fungsi Supervisi Pendidikan

Fungsi supervisi pendidikan adalah membina ke arah perbaikan dan peningkatan situasi pendidikan dan pengajaran pada umumnya, khususnya perbaikan dan peningkatan mutu belajar peserta didik bantuan/beberapa bimbingan atau tuntutan kepada guru-guru untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikemukakan oleh Saragih (2008)

Ada empat fungsi supervisi pendidikan yang disampaikan oleh Ametembun (1993) antara lain:

1. Fungsi Penelitian

Fungsi penelitian dalam supervisi pendidikan diejawantahkan dalam langkah-langkah sebagai berikut: (1) penentuan topik yang akan diteliti; (2) pengumpulan data; (3) pengolahan data; (4) membuat kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan pada kesimpulan hasil peneltian ini, supervisor melakukan perbaikan atau peningkatan situasi belajar tersebut.

2. Fungsi Penilaian

Fungsi penilaian atau evaluasi dalam supervisi lebih menitik beratkan pada hal-hal yang bersifat positif atau sisi positif. Supervisor sebisa mungkin tidak terus-menerus mencari-cari kesalahan yang dilakukan oleh guru atau pimpinan sekolah yang disupervisi, melainkan berupaya untuk menemukan dan mengembangkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai.

3. Fungsi Perbaikan

Berdasarkan hasil penilaian atau evaluasi, supervisor mengetahui keadaan atau situasi yang sebenarnya terjadi dalam proses pembelajaran atau dalam konteks satuan pendidikan. Supervisor memberikan arahan, saran, pendapat atau tindakan lain sesuai dengan kewenangannya untuk memperbaiki situasi.

4. Fungsi Peningkatan

Setelah dilakukan upaya perbaikan dan diperoleh hasil dari upay perbaikan tersebut, tahap selanjutnya adalah melakukan peningkatan atau pengembangan. Tujuannya agar apa yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi, apa yang sudah memuaskan menjadi jauh lebih memuaskan.

Menurut Gregorio (1966) dikemukakan bahwa lima fungsi utama supervisi antara lain berperan sebagai inspeksi, penelitian, pelatihan, bimbingan dan penilaian. Kelima fungsi tersebut dijelaskan sebagai berikut.

a. Fungsi Inspeksi

Fungsi inspeksi antara lain berperan dalam mempelajari keadaan dan kondisi sekolah, dan pada lembaga terkait, maka tugas seorang supervisor antara lain berperan dalam melakkukan penelitian mengenai keadaan sekolah secara keseluruhan baik pada guru, siswa, kurikulum tujuan belajar maupun metode mengajar, dan sasaran inspeksi adalah menemukan permasalahan dengan cara melakukan observasi, interview, angket, pertemuan-pertemuan dan daftar isian.

b. Fungsi Penelitian

Fungsi penelitian adalah mencari jalan keluar dari permasalahan yang berhubungan sedang dihadapi, dan penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur ilmiah, yakni merumuskan masalah yang akan diteliti, mengumpulkan data, mengolah data, dan melakukan analisis gunan menarik suatu kesimpulan atas apa yang berkembang dalam menyusun strategi keluar dari permasalahan di atas.

c. Fungsi Pelatihan

Fungsi pelatihan merupakan salah satu usaha untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi, dan dalam pelatihan diperkenalkan kepada guru cara-cara baru yang lebih sesuai dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran, dan jenis pelatihan yang dapat dipergunakan antara lain melalui demonstrasi mengajar, workshop, seminar, observasi, individual dan group conference, serta kunjungan supervisi.

d. Fungsi Bimbingan

Fungsi bimbingan sendiri diartikan sebagai usaha untuk mendorong guru baik secara perorangan maupun kelompok agar mereka mau melakukan berbagai perbaikan dalam menjalankan tugasnya, dan bimbingan sendiri dilakukan dengan cara membangkitkan kemauan, memberi semangat, mengarahkan dan merangsang untuk melakukan percobaan, serta membantu menerapkan sebuah prosedur mengajar yang baru.

e. Fungsi Penilaian

Fungsi penilaian adalah untuk mengukur tingkat kemajuan yang diinginkan, seberapa besar telah dicapai dan penilain ini dilakukan dengan berbagai cara seperti teest, penetapan standar, penilaian kemajuan belajar siswa, melihat perkembangan hasil penilaian sekolah serta prosedur lan yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post