Laman

6 May 2016

Pengertian Mindset

      Mindset terdiri dari dua kata yaitu mind dan set. mind is seat of thought and memory; the center of consciousness that generates thoughts, feelings, ideas, and perceptions, and stores knowledge and memories (sumber pikiran dan memori, pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, persepsi menyimpan pengetahuan dan memori. set is a preference for or increased ability in a particular activity (mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan, biasa juga diartikan keadaan utuh /solid).

      menurut james artur ray mindset artinya kepercayaan kepercayaan (sekumpulan kepercayaan) yang mempengaruhi sikap seseorang, atau suatu cara berfikir yang menentukan prilaku pandangan, sikap, dan masa depan seseorang.

dr. ibrahim elfiky di dalam beberapa buku motivasinya, "mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu yang sama."

dari definisi diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa mindset sebenarnya kepercayaan (belief), sekumpulan kepercayaan atau cara berfikir yang mempengaruhi prilaku (behavior) dan sikap (attitude) seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

macam-macam mindset

menurut carol s. dweck, ph.d seorang peneliti di bidang kecerdasan dan motivasi, di dalam buku terbarunya, mindset: the new psycology of success (2006), di dunia ini terdapat dua macam mindset yaitu :

a. mindset tetap (fixed mindset ) orang yang memiliki mindset tetap percaya bahwa kecerdasan bersifat tetap. ciri ciri orang yang bermindset tetap adalah:

  1. menghindari tantangan dan risiko
  2. jika ada halangan atau rintangan: membela diri atau mudah menyerah.
  3. memandang usaha sebagai kesalahan dan kesia-siaan.
  4. tidak memperdulikan kritik yang membangun
  5. merasa terancam dengan kesuksesan orang lain

b. mindset berkembang (growth mindset ) orang yang memiliki mindset berkembang percaya bahwa kecerdasan dapat dikembangkan. ciri-ciri orang yang bermindset berkembang adalah sebagai berikut:

  1. menyukai tantangan
  2. jika ada halangan atau rintangan: bertahan menghadapi kemunduran
  3. memandang usaha sebagai langkah untuk menguasaan (mastery)
  4. belajar dari kritik
  5. menemukan palajaran dan inspirasi dari kesuksesan orang lain

berdasarkan ciri-ciri orang yang dengan fixed mindset dan growth mindset, keduanya dapat dibedakan melalui indikator sebagai berikut:

  1. keyakinan (belief) terhadap intelegensi, bakat dan sifat
  2. pengambilan resiko terhadap tantangan
  3. pensikapan terhadap halangan dan rintangan
  4. usaha yang dilakukan
  5. penerimaan terhadap kritik dan saran
  6. kemauan menemukan pelajaran dan inspirasi dari pengalaman orang lain
loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post