Laman

3 May 2016

Pengertian statistika, peran statistik dan fungsi statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedangkan statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statiterstika pada suatu data yang sering disusun, diatur atau disajikan dalam bentuk daftar/tabel, sering pula daftar atau tabel tersebut disertai dengan gambar-gambar yang biasa disebut diagram atau grafik.

Peran Statistik
a. Dalam kehidupan sehari-hari sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan berbagai hal untuk diolah atau ditafsirkan.
b.  Dalam penelitian ilmiah sebagai
·  Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi
·  Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen.
·  Teknik-teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunikatif.
·  Alat untuk analisis data, seperti menguji hipotesis penelitian.
 c. Dalam ilmu pengetahuan sebagai alat analisis dan interpretasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan, sehingga didapatkan suatu kesimpulan dari data tersebut.

Perlunya Statistika
a.   Menjelaskan hubungan antar variabel-variabel.
b.   Membuat rencana dan ramalan
c.   Mengatasi berbagai perubahan
d.   Membuat keputusan yang lebih baik                              

Fungsi Statistik
a.   Bank data
b.   Alat quality control
c.   Alat analisis
d.   Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan.

Pembagian Statistik
1. Ditinjau dari cara pengolahan datanya, statistik dapat dibagi dua, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.
2. Ditinjau dari bentuk parameternya (data yang sebenarnya), statistik dapat dibagi atas statistik parameterik dan statistik non parameterik.

a.  Statistik deskriptif: adalah statistik yang menggambarkan dan menganalisis data dalam suatu kelompok tanpa membuat/menarik kesimpulan tentang populasi atau kelompok yang lebih besar.

b.  Statistik inferensial adalah statistik yang berkaitan dengan kondisi-kondisi dimana data dari sampel dianalisis dan ditarik kesimpulan untuk populasi dari mana sampel tersebut diambil.

c.  Statistik parametrik terutama digunakan untuk menganalisis data interval atau rasio yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal.
d.  Statistik non parametris terutama digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas distribusi.
Teknik statistik mana yang akan digunakan untuk pengujian tergantung pada interaksi dua hal yaitu: macam data yang akan dianalisis dan bentuk hipotesisnya.
loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post