Laman

10 Nov 2016

Contoh Pemrograman Java Sederhana

Bahasa pemrograman Java pada awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems, yang digagas oleh James Gosling dan dirilis pada tahun 1995 sebagai komponen inti dari Sun Microsystems.s platform Java (Java 1.0 [J2SE]).

Sun Microsystems telah berganti nama menjadi J2 versi baru sebagai Java SE, Java EE dan Java ME masing-masing. Dalam java semuanya adalah Obyek. Java dapat dengan mudah diperpanjang karena didasarkan pada model Obyek. Platform independen: Tidak seperti banyak bahasa pemrograman lain termasuk C dan C + + ketika Jawa dikompilasi, tidak dikompilasi ke dalam mesin platform tertentu, bukan menjadi platform independen kode byte. Ini kode byte didistribusikan melalui web dan ditafsirkan oleh Mesin virtual (JVM) di mana platform itu yang dijalankan.

Java dirancang agar mudah untuk belajar. Jika Anda memahami konsep dasar OOP java akan mudah untuk menguasai. Dengan fitur aman Java memungkinkan untuk mengembangkan bebas virus, sistem tamper-bebas. Teknik otentikasi didasarkan pada enkripsi kunci public. Java compiler menghasilkan format file objek arsitektur netral yang membuat kode dikompilasi menjadi executable pada banyak prosesor, dengan hadirnya sistem runtime Java. Menjadi arsitektur netral dan tidak memiliki implementasi aspek tergantung dari spesifikasi Java membuat portabel. Compiler dan Java ditulis dalam ANSI C dengan batas portabilitas bersih yang merupakan subset POSIX. Java membuat upaya untuk menghilangkan situasi rawan kesalahan dengan menekankan terutama pada waktu kompilasi kesalahan pengecekan dan pemeriksaan runtime.

 

Dalam Pemrograman Java kita membutuhkan beberata peralan sebagai berikut

1. Java Development Kit versi 1.6 keatas.

2. Java Runtime Environtment versi 1.6 keatas.

3. NetBeans IDE versi 6.9 keatas.

1. Java Development Kit

Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untukmelakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment.

2. Java Runtime Environtment

Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untukmenjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agaraplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

3. NetBeans IDE

NetBeans IDE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangunperangkat lunak yang lain. NetBeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis Java Standard Edition, Java Enterprise Edition, Java Micro Edition, JavaFX, PHP, C/C++, Ruby, Groovy dan Python.

 

Langkah untuk membuat project sederhana :

1) Buka Netbeans pada PC anda, kemudian Klik File | New Project Seperti contoh pada Gambar 1.1 berikut :

clip_image002[4]

Gambar 1.1 Create New Project

2) Dalam New Project wizard, memperluas kategori Java dan pilih Java Application seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.2 berikut:

clip_image004[4]

Gambar 1.2 Create New Project 2

3) Dalam Nama dan lokasi halaman wizard, lakukan hal berikut (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah):

  • Pada Project Name field, Ketik Hello World App.
  • Pada Create Main Class field, Ketik helloworldapp.HelloWorldApp.
  • Biarkan kotak centang Set sebagai Main Project dipilih.

Seperti Pada contoh Gambar 1.3 berikut:

clip_image006[4]

Gambar 1.3 Create New Project 3

Proyek dibuat dan dibuka dalam IDE. Anda akan melihat komponen-komponen berikut :

  • Jendela Projects, yang berisi tampilan pohon dari berbagai komponen proyek, berisi file sumber, pustaka yang mendasari kode Anda tergantung pada, dan sebagainya.
  • Jendela Source Editor dengan sebuah file yang bernama HelloWorldApp terbuka.
  • Jendela Navigator, yang dapat Anda gunakan untuk navigasi cepat di antara elemen-elemen dalam kelas yang dipilih.

Seperti Pada Contoh Gambar 1.4 Berikut :

clip_image008[4]

Gambar 1.4 Create New Project 4

4) Selanjutnya lakukan pengkodean pada listing Project, masukan syntax berikut tepat di main [string]

args {

System.out.println("Hello World!");.

}

Atau tepat di bawah komentar // TODO code application logic here

Seperti contoh :

/*

* To change this template, choose Tools | Templates

* and open the template in the editor.

*/

package helloworldapp;

/**

* The HelloWorldApp class implements an application that

* simply prints "Hello World!" to standard output.

*/

public class HelloWorldApp {

/**

* @param args the command line arguments

*/

public static void main(String[] args) {

// TODO code application logic here

System.out.println("Hello World!");

}

}

 

5) Untuk mengkompilasi file sumber Anda, pilih Run | Build Main Project dari menu utama IDE atau menggunakan shortcut Compile File (F9).Jendela Output terbuka dan menampilkan hasil yang serupa dengan apa yang Anda lihat pada gambar 1.5 berikut:

clip_image011[4]

Gambar 1.5 Running Project

Jika hasil pembangunan diakhiri dengan pernyataan BUILD SUCCESSFUL, selamat! Anda telah berhasil mengkompilasi program!Jika hasil Build diakhiri dengan pernyataan BUILD FAILED, anda mungkin memiliki kesalahan sintaks dalam kode Anda. Kesalahan dilaporkan dalam jendela Output sebagai teks hyperlink. Anda klik dua kali seperti hiper-link untuk menavigasi ke sumber kesalahan. Anda kemudian dapat memperbaiki kesalahan dan sekali lagi pilih Run | Build Main Project.jika proses compile sukses maka langkah selanjutnya adalah RUN project anda dengan cara pilih Run | Run Main Project atau menggunakan shortcut Run File (Shift-F6). Setelah itu anda akan melihat tampilan Hello World seperti pada gambar 1.6 berikut :

 

clip_image013[4]

Gambar 1.6 Build Project Sukses

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post