Laman

10 Nov 2016

Mengenal variable, tipe data, operator dan metode input pada java

1. Variabel Java

Variabel merupakan tempat atau wadah untuk menyimpan nilai / value pada bahasa pemrograman. Pada Pemrograman java, semua variabel harus dideklarasikan sebelum mereka dapat digunakan. Bentuk dasar dari sebuah deklarasi variabel yang ditampilkan di sini:

type identifier [ = value]

Jenis ini merupakan salah satu tipe data Jawa. Identifier adalah nama variabel. Menyatakan lebih dari satu variabel dari jenis tertentu, menggunakan daftar dipisahkan koma. Berikut adalah beberapa contoh deklarasi variabel dari berbagai jenis. Perhatikan bahwa beberapa mencakup inisialisasi.

int a, b, c; // deklarasi 3 variabel a,b,c bertipe integer. long d = 3, e, f = 5;// deklarasi 3 variabel d,e,f bertipe long

byte z = 22; // deklarasi dan inisialisasi variable z.

char x = 'x'; // variable x yang diberikan value / nilai x. String nama = “ade”; // variable nama yang diberikan value / nilai adhe.

2. Metode Input Java

Pada pemrograman java tentunya memiliki metode input yang digunakan sebagai tempat menangkap value atau nilai pada variabel sehingga mampu menjadikan project anda bersifat dinamis, dalam pemrograman java memiliki banyak metode input namun diantara lain sebagai berikut :

  • BufferedReader
  • JoptionPane
  • Scanner

3. Operator Java

Java menyediakan banyak set operator untuk memanipulasi variabel. Kita dapat membagi semua operator Java ke dalam kelompok berikut:

  • Arithmetic Operators

clip_image003

  • Relational Operators

clip_image005

  • Logical Operators

clip_image007

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post