Laman

23 Nov 2016

Progam Keahlian Ganda Strategi Pelaksanaan dan Keuntungan yang Didapat Guru

Pelaksanaan program keahlian ganda berdasarkan data Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, terseleksi sebanyak 15.170 guru yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) keahlian ganda. Setelah mendapat pembekalan awal, para peserta wajib menjalani seluruh rangkaian diklat selama 12 bulan lamanya. Diklat di akhir keahlian ganda, guru diikutkan pada tes kompetensi untuk mendapatkan sertifikat keahlian pendidik. Jika memenuhi standar minimal, dua sertifikat itu berhak menjadi milik guru peserta keahlian ganda.

strategi pelaksanaan program keahlian ganda

Program keahlian ganda dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK dan SMA yang mengampu mata pelajaran tertentu agar memperoleh kompetensi keahlian tambahan dan mampu menjadi guru produktif di SMK. Dengan demikian, guru tersebut diberikan tambahan kewenangan mengajar sebagai guru produktif SMK yang berbeda dengan kompetensi keahlian sebelumnya, namun relevan dengan latar belakang pendidikan.

Majalah dikbub keahlian ganda

pelaksanaan program keahlian ganda

Pelaksananaan Program Keahlian Ganda
Download PDF majajalah dikbud keahlian ganda

Pemberian kewenangan mengajar dilakukan setelah guru mengikuti tahapan proses pendidikan dan pelatiha (diklat) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Guru yang telah menyelesaikan tahapan tersebut dengan status lulus mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan (STTPL). Guru tersebut selanjutnya berhak mengikuti tahap selanjutnya, yaitu sertifikasi pendidik.

Sertifikasi pendidik dan sertifikat keahlian yang diperoleh guru merupakan bukti formal bahwa guru tersebut telah profesional sebagai guru produktif SMK. Dengan kewenangan mengajar mata pelajaran produktif di SMK, guru-guru yang teridentifikas berlebih atau guru mata pelajaran yang terdampak kurikulum 2013, dapat kembali memiliki jam mengajar. Tentu ini kabar baik bagi mereka yang sebelumnya tidak memenuhi kewajiban jam mengajarnya .Bagi guru, memiliki minimal 24 jam mengajar per minggu merupakan ketentuan agar hak memperoleh tunjangan profesi dapat diberikan.

Berapa lama Program Keahlian Ganda berlangsung
Pogram keahlian ganda berlangsung selama 12 bulan dengan empat tahap pendidikan dan pelatihan (diklat), yaitu (1)ON-1: program pengenalan kompetensi guru produktif; (2)IN-1: program kompetensi; (3)ON-2: program penguatan pengalaman lapangan, dan (4)IN-2: program peningkatan kompetensi dan penajaman kompetensi produktif serta uji kompetensi keahlian.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post