Laman

6 Dec 2016

JENIS GRAFIK

Ada empat jenis grafik yang dapat digunakan dalam membuat multimedia interaktif yaitu bitmap, clip art, gambar digital, dan hypergambar.

Image result for grafis gambar

BITMAP

Gambar biasanya disimpan secara komprehensif di dalam komputer berbentuk gambar raster atau bitmap. Ini untuk menghasilkan gambar dua dimensi di dalam penyajian komputer. Gambar grafik bitmap terbentuk dari kumpulan piksel-piksel. Setiap piksel mempunyai satu set bit yang menyatakan warna dan intensitasnya (intensity). File gambar bitmap mempunyai ukuran

yang besar. Dua faktor yang memberi kesan pada ukuran sebuah gambar adalah resolusi (Resolution) dan kedalaman (depth). Resolusi adalah bilangan piksel yang terdapat pada gambar. File gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Setiap kali file gambar dibuat, resolusi gambar perlu dinyatakan.Resolusi gambar yang tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas,

dibandingkan dengan resolusi gambar yang rendah. Semakin tinggi resolusi gambar, semakin besar ukuran filenya. Kedalaman menunjukkan warna dan kejelasan (brightness) untuk setiap piksel. Setiap piksel mengandung 2 atau lebih warna. Kedalaman warna dapat digambarkan melalui berapa banyak data dalam bits yang menghasilkan warna. Contohnya:

  • 1 bit menghasilkan 2 warna (hitam atau putih)
  • 2 bit menghasilkan 4 warna
  • 4 bit menghasilkan 16 warna
  • 8 bit (1 byte) menghasilkan 256 warna
  • 16 bit (2 byte) menghasilkan 65,536 warna
  • 24 bit (3 byte) menghasilkan 16,777,216 warna

Semakin besar kedalaman setiap piksel, akan menghasilkan ukuran file gambar yang bertambah besar.

Ada tiga cara untuk menghasilkan gambar jenis bitmap, yaitu:

  • Dihasilkan dari awal dengan menggunakan Program Lukisan berdasarkan komputer(Paint Program).
  • Menggunakan Screen Capture
  • Scanner, kamera digital, atau video capture

Program pengedit bitmap (bitmap editor) sering disebut paint program. Program grafik yang sering digunakan untuk mengubah gambar jenis bitmap adalah Adobe Photoshop, Macromedia XRes,

Corel Draw, Corel Photo-Paint, Fractal Design Painter dan aturcara Paint.

a. Kelebihan Menggunakan Gambar Bitmap

Bitmap mampu menyimpan informasi dalam jumlah yang besar dan bisa mengubah warna setiap piksel yang ada pada gambar tersebut.

b. Kelemahan Gambar Bitmap

Kelemahan gambar bitmap adalah:

· Bergantung pada resolusi dan membentuk ukuran file yang besar.

· Ukuran atau skala sebuah gambar bitmap sebenarnya merupakan proses memaparkan piksel gambar yang bisa dibesarkan atau dikecilkan. Namun ini akan menimbulkan masalah dalam menangani kualitas sebuah gambar pada sebuah program grafik karena perlu menambah atau

membuang piksel tertentu untuk memenuhi keperluanukuran gambar yang dikehendaki.

· Gambar hasil dari proses pengecilan/pembesaran ukuran ini biasanya kabur dan tidak menarik. Jika gambar bitmap dibesarkan, piksel gambar tersebut akan membesar pula dan selanjutnya mengubah informasi untuk setiap piksel yang ada.

CLIP ART DALAM MULTIMEDIA

Membuat grafis dengan tangan sangat menyita waktu. Untuk menghemat waktu, ada banyak koleksi (library) clip art yang dapat digunakan waktu membuat multimedia. Ada banyak koleksi dengan kategori umum, termasuk foto, ikon, animasi, background tile, button, dan bullet, sementara koleksi lain berfokus pada visual theme, seperti image alam atau keilmuan. Biasanya bisa

menggunakan berbagai clip art image tanpa harus bayar, tapi pastikan dulu membaca lisensinya, siapa tahu ada pembatasan tertentu. Mungkin diharuskan menyertakan courtesy hyperlink

(berisi izin) ke situs web library clip art yang bersangkutan.

GAMBAR DIGITAL

Parameter dalam pemilihan gambar digital adalah bit/color resolution, device/output resolution, screen resolution, dan image resolution. Resolusi adalah bilangan pixel yang terdapat pada

gambar. Semakin tinggi resolusi gambar semakin besar ukuran file gambar tersebut. Resolusi gambar yang tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas. Kedalaman (depth) pun merujuk kepada warna dan kecerahannya (brightness) untuk setiap pixel. Satu pixel mengandung dua atau lebih warna.

Kecerahan (brightness) warna dapat digambarkan melalui bilangan data dalam bit yang menghasilkan warna.

a. Bit/color resolution

Bit merupakan ukuran jumlah bit yang disimpan per pixel yang menunjukkan jumlah warna yang dapat ditampilkan dalam waktu bersamaan di layar.

b. Device/output resolution

Device menunjukkan jumlah dots per inch (dpi) yang dapat dihasilkan oleh piranti keluaran seperti monitor, LCD panel,atau video proyektor. Resolusi monitor biasanya 72 dpi

c. Screen Resolution

Screen resolution menunjukkan jumlah dpi dalam halftone yang digunakan oleh layar untuk menampilkan gambar abuabu atau separasi warna. Resolusi layar diukur dalam satuan lines per inch (lpi)

d. Image resolution

Image resolution menunjukkan jumlah informasi yang tersimpan untuk sebuah warna; diukur dalam satuan pixels per inc (ppi). Semakin tinggi resolusi gambar → semakin besar ukuran file → semakin lama di-load → semakin lama di-print.

Contoh ukuran: 640 x 480, 800 x 600, 1024 x 768

HYPERGAMBAR (HYPERPICTURE)

Jika suatu kata bisa menjadi pemicu di sebuah hypertext, maka gambar pun bisa. Pada gambar terdapat bagian yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event, maka gambar

demikian itu disebut hyperpicture.

Selain keempat jenis tadi (bitmaps, clip art, gambar digital, dan hypergambar), grafik merujuk kepada berbagai lukisan, ilustrasi, fotografi, carta, kartun dan sebagainya.

a. Fotografi (Gambar Foto)

Merupakan penyajian gambar/gambar yang paling menyamai keadaan sebenarnya. Pita video warna, gambar berwarna maupun foto hitam putih merupakan alat yang paling menarik

dalam suatu komunikasi. Gambar foto atau fotografi berwarna memainkan peranan yang sangat besar di dalam sebuah penyajian dan bisa dijadikan latar belakang untuk teks dan grafik.

b. Lukisan

Lukisan digunakan untuk menangani masalah yang terjadi pada fotografi yang tidak mampu untuk menampilkan gambar atau foto sebenarnya.

c. Kartun

Kartun merupakan sejenis lukisan yang tentang manusia, hewan, objek, dan sebagainya. Sasarannya biasanya anakanakatau remaja. Kartun digunakan untuk menarik perhatian pengguna.

d. Diagram

Diagram merupakan sejenis lukisan yang digunakan untuk melambangkan sesuatu seperti aslinya. Contohnya diagram jantung mewakili seperti gambar jantung yang sebenarnya.

e. Carta/ Graf

Cara berkomunikasi mengandung data dan angka/numerik. Suatu informasi yang kompleks akan menjadi mudah jika disampaikan dalam bentuk carta atau graf. Melihat semua gambar dari sebuah objek dapat memberikan dampak yang lebih besar jika dibandingkan dengan hanya membacanya, misalnya sebuah karya lukis, seni grafis, karya fotografi atau gambar dari video. Dalam multimedia, gambar tampaknya menjadi cara yang efektif untuk belajar informasi spasial. Suara/bunyi (sound/audio) tampaknya menjadi cara yang efektif untuk mengkomunikasikan sejumlah kecil informasi lisan untuk jangka waktu yang singkat. Untuk rincian mengenai cerita, video dengan soundtrack tampaknya efektif. Gambar juga muncul untuk membantu peserta didik belajar

auditori atau prosa lisan. Ada dukungan empiris untuk menyimpulkan bahwa kombinasi media tertentu tampaknya lebih baik untuk membantu orang untuk belajar jenis informasi spesifik.

Kombinasi ini dapat mendorong informasi yang akan diolah dengan cara lebih mudah untuk mengkodekan, menyimpan, mengambil, dan menggunakannya.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post