Laman

24 Dec 2016

Modal dan Mental Kerwirausahaan

image

Modal Kewirausahaan

Secara garis besar modal kewirausahaan dapat dibagi ke dalam empat jenis yaitu:

1. Modal Intelektual dapat diwujudkan dalam bentuk ide-ide sebagai modal utama yang disertai pengetahuan,kemampuan, keterampilan, komitmen dan tanggung jawab sebagai modal tambahan. Ide merupakan modal utama yang akan membentuk modal lainnya. Kompetensi inti (core competency) adalah kreativitas dan inovasi dalam rangka menciptakan nilai tambah untuk meraih keunggulan dengan berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keunikan.

2. Modal Sosial dan Moral diwujudkan dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan, sehingga dapat terbentuk citra. Seorang wirausaha yang baik biasanya memiliki etika wirausaha seperti: (1) kejujuran, (2) integritas, (3) menepati janji, (4) kesetiaan, (5) kewajaran, (6) suka membantu orang lain, (7) menghormati orang lain, (8) warga negara yang baik dan taat hukum, (9) mengejar keunggulan, dan (10) bertanggung jawab.

3. Modal Mental adalah kesiapan mental berdasarkan landasan agama, diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan tantangan.

4. Modal Material adalah modal dalam bentuk uang atau barang. Modal ini terbentuk apabila seseorang memiliki jenis-jenis modal di atas.

Cara Merintis Bisnis / Usaha Baru

Untuk memulai atau merintis usaha baru, modal utama yang harus ada pertama kali adakah ide, setelah memiliki ide sebaiknya segera dilakukan analisis kelayakan usaha seperti analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (strength, weakness, opportunity, and threat-SWOT).

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merintis usaha baru, yaitu;

1. Bidang usaha dan jenis usaha yang akan dirintis

2. Bentuk dan kepemilikan usaha yang akan dipilih

3. Tempat usaha yang akan dipilih

4. Organisasi usaha yang akan digunakan

5. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh

6. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh.

Untuk mengelola usaha tersebut harus diawali dengan;

1. Perencanaan usaha

2. Pengelolaan keuangan

3. Aksi strategi usaha

4. Teknik pengembangan usaha

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post