Laman

2 Jan 2017

Kenapa Supervisi Itu Penting?

image

Alasan-alasan perlunya pelayanan supervisi pendidikan di sekolah untuk membantu meningkatkan kompetensi profesional guru adalah sebagai berikut:

1. Supervisi pendidikan adalah bagian integral dari keseluruhan proses administrasi pendidikan.

2. Guru adalah manusia yang secara kodrat membutuhkan bantuan pihak lain dalam meniti karirnya

3. Kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial guru guru masih tergolong rendah

4. Pengetahuan dasar guru dibekali sewaktu di sekolah guru (LPTK) tidak memadai lagi untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

5. Perkembangan ilmu dan teknologi serta konsep pembelajaran terus berkembang membuat guru yang lama dan kurang mengembangkan diri akan ketinggalan zaman

6. Proses pembelajaran bersifat dinamis, dan tidak semua guru dapat mengikutinya secara mandiri

7. Sistem pembinaan guru melalui penataran dan pelatihan professional yang datang dari berbagai pihak belum menunjukkan peningkatan kompetensi guru secara signifikan.

8. Kepala sekolah harus berperan sebagai sebagai supervisor di sekolahnya.

9. Perubahan kurikulum menuntut guru untuk belajar kembali.

Memahami supervisi dalam kontek pendidikan belum lengkap tanpa lebih dahulu memahami konsep pen-didikan secara utuh. Keseragaman pemahaman konsep kependidikan sanga penting agar adanya persepsi yang sama tentang pendidikan yang bermuara munculnya langkah dan tindakan yang sama dakam mengatasi rendahnya mutu pendidikan saat ini. Dalam masyarakat modern atau masyarakat yang telah maju pendidikan menjadi kebutuhan primer. Artinya, setiap anggota masyarakat harus mendapat pelayanan pendidikan agar dapat tumbuh dan ber-kembang menjadi individu, anggota masyarakat, dan warga negara yang baik dan mandiri.

 

Perangkat teknologi canggih memang penting sebagai instrument dalam proses pendidikan, tetapi semua perangkat ini hanya akan menjdi benda mati jika guru tidak mampu mempergunakannya dalam proses pembelajaran. 

Supervisi penting dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.  Supervisi dapat meningkatan kemampuan professional guru yang dapat dilihat dari dua sudut berikut: Pertama; supervisi sebagai kekuatan untuk mendukung pertumbuhan dari dalam diri guru itu sendiri dan kedua; sebagai kekuatan eksternal untuk mendukung per-kembangan potensi guru..

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post