Laman

2 Jan 2017

Linus Torvalds Tokoh di Balik Linux

image

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Tapi tahukah kamu siapa pelaku di balik lahirnya Linux?
Dialah Linus Benedict Torvalds, seorang ahli komputer keturunan Finlandia-Amerika yang telah menjadi warga negara Amerika sejak 2010.

Torvalds tinggal di Oregon bersama istri dan ketiga anaknya, di mana lokasi ini berdekatan dengan markas Open Source Development Labs.
Ketertarikan Torvalds dalam bidang komputer sudah muncul sejak dirinya berusia 11 tahun. Saat itu dia sudah memiliki sebuah komputer rumahan 8-bit yang bernama Commodore VIC-20.
Lalu ia membeli satu unit lagi komputer yaitu Sinclair QL. Torvalds memodifikasi habis-habisan komputer ini, terutama pada sistem operasinya. Dia dikenal sebagai pengkloning game terkenal Pac Man dan mengganti namanya dengan Cool Man.

Pria kelahiran Helsinki, 28 Desember 1969 ini menamatkan pendidikan tingginya hingga S2 di University of Helsinki pada rentang waktu 1989-1969.
Dia kemudian memperkenalkan Linux pertama kali pada tahun 1991 dalam bentuk prototipe. Dan meluncurkan versi pertamanya pada 14 Maret 1994.
Torvalds lalu mendapat pekerjaan dari sebuah perusahaan di California. Dia bekerja di perusahaan itu dari Februari 1997 hingga Juni 2003. Sampai akhirnya pindah ke Open Source Development Labs yang bergabung dengan Free Standards Groups dan berubah menjadi Linux Foundation.

Torvalds sempat menerima penghargaan sebagai Top 100 Inovator yang berusia di bawah 35 tahun dari MIT Technology Review TR100 pada tahun 1999.
Linux ciptaannya ini terkenal dengan logonya yang khas yaitu seekor pinguin bernama Tux. Pemilihan hewan ini sebagai maskotnya berawal dari pengalamannya bersama keluarga saat berlibur ke daerah selatan.
Kala itu ia bertemu seekor penguin kecil dan tanpa diduga penguin itu menggigit jari Torvalds

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post