Laman

14 Jan 2017

Penyerahan SMA SMK ke Pemprov Demi Pengelolaan Pendidikan Lebih Baik

image

Pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini berada di tangan Pemerintah Provinsi. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, keputusan ini diambil demi pengelolaan pendidikan yang lebih baik.

"Itu kan ada di UU Pemerintah Daerah yang terbaru, cara berpikirnya adalah kita membutuhkan suatu tingkat-tingkat pengelolaan sehingga pendidikan itu punya ruang yang lebih luas," jelas Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2017)

Kalla mengatakan, dalam UU Pemerintahan Daerah pengelolaan SD dan SMP diserahkan ke pemerintah kabupaten dan kota. Penyerahan pengelolaan SMA dan SMK ke Pemprov, kata Kalla, berkaitan dengan pendistribusian guru.
Jika SMA dan SMK dikelola oleh Kabupaten atau Kota, distribusi guru di setiap sekolah akan terbatas. Padahal, bisa saja sebuah kota kelebihan jumlah guru saat kabupaten lain kekurangan.
"Sehingga kalau di tingkat provinsi, kalau guru berlebihan di kota dia dapat ditempatkan di daerah yang kurang, kalau (dikelola) kabupaten tidak bisa," jelas Kalla.

Penyerahan seluruh aset dan urusan administrasi harusnya selesai pada Oktober 2016. Namun, kata Kalla, ada beberapa daerah yang mengalami keterlambatan sehingga berpengaruh kepada anggaran yang dikirim pemerintah.
Kalla yakin, masalah ini akan selesai dalam satu atau dua bulan ke depan. "Kita harap satu dua bulan ini semua bisa berjalan dengan baik," tegas dia.[met]

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post