Laman

18 Apr 2017

FLS2N 2017 Waktu Pelaksanaan dan Bidang Seni yang Dilombakan

FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional)   memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni. Lulusan SMK diharapkan dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif dan mampu menjawab tantangan dunia kerja yang penuh persaingan.

FLS2N 2017

Kualifikasi calon tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja selain cakap dalam bidang keilmuan dan keterampilan (hard skills) juga keunggulan dalam karakter yang lebih dikenal dengan soft skills. Dunia kerja cenderung memiliki calon tenaga kerja yang memiliki soft skills lebih baik meskipun hard skills nya lebih rendah. Penguasaan dalam bidang seni dan budaya mengasah soft skills siswa, untuk itu Festival dan Lomba Seni bagi siswa SMK dinilai perlu secara konsisten dilakukan guru mengukur ketercapaian kompetensi si bidang seni dan budaya.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan FLS2N
Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 30 September 2017 bertempat di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan rincian sebagai berikut:

No

Tanggal

Keterangan

1.

24 September 2017

Kedatangan Peserta

2.

25 September 2017

Pembukaan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Dit. PSD, Dit. PSMP, Dit. PSMA, Dit. PSMK, dan Dit. PKLK) Technical meeting (pukul 14.00 WITA s.d. selesai)

3.

26 s.d. 28 September 2017

Pelaksanaan Lomba/Festival

4.

28 September 2017

Pelaksanaan Lomba/Festival dan Penutupan Internal Dit. PSMK

5.

29 September 2017

Peanugerahan dan Penutupan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Dit. PSD, Dit.PSMP, Dit. PSMA dan Dit. PSMK) dan City Tour

6.

30 September 2017

Pemulangan Peserta

Bidang Seni yang Dilombakan dan Jumlah Peserta FLS2N
Pelakasnaan FLS2N tahun 2017 terdiri dari 6 bidang lomba

No

Bidang Lomba

Jumlah Peserta

Keterangan

1.

Menyanyi Solo

1 orang

Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, dari SMK Seniatau Non Seni

2.

Solo Gitar Klasik

1 orang

Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, dari SMK NonSeni

3.

Tari Tradisional

5 orang

Tiap provinsi boleh mengirimkan 2 (dua) kontingen: 1 (satu) kontingen SMK Seni dan 1 (satu) kontingen SMK Non Seni, akan tetapi hanya 1 (satu) kontingendibiayai oleh pusat.

4.

Cipta dan Baca Puisi

1 orang

Tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil, dari SMK Seniatau Non Seni

5.

Film Pendek

2 orang

Tiap provinsi hanya 1 (satu) kontingen, dari SMKSeni atau Non Seni

6.

Solo Piano Klasik

1 orang

Tiap provinsi

Persyaratan Peserta FLS2N
1. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
2. Belum pernah mengikuti FLS2N tahun sebelumnya.
3. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Seni atau Non Seni sesuai table di atas.
4. Peserta adalah wakil provinsi berdasarkan hasil seleksi tingkat provinsi, dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dilengkapi foto-foto pelaksanaan lomba. Apabila tidak dilakukan seleksi di tingkat provinsi, wajib dilengkapi surat keterangan penunjukkan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
5. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pasfoto (3x4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat. Usulan daftar nama siswa peserta FLS2N Tahun 2017 sudah diterima panitia paling lambat tanggal 11 September 2017, jika pengusulan peserta meleawati batas tanggal tersebut di atas maka propinsi yang bersangkutan dinyatakan tidak mengirimkan perwakilannya.
6. Agar Dinas Pendidikan Provinsi mengirimkan wakil/kontingennya sesuai ketentuan butir A di atas.

PEDOMAN MASING-MASING BIDANG YANG DILOMBAKAN PADA FLS2N TAHUN 2017

Dasar Hukum FLS2N
Dasar pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017, adalah:
1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
5. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
6. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019.
7. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Peningkatan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2017.


Tujuan FLS2N
1. Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
2. Membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa, sehingga mampu mengasah kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
3. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni, sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
5. Mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

Hasil yang diharapkan dari Pelaksanaan FLS2N
1. Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
2. Tercapainya peningkatan kreativitas siswa dalam bidang seni dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.
3. Berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang seni dan potensi siswa dikenal oleh dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif.
4. Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
5. Terjalinnya persahabatan yang erat, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.

Kriteria Juri Pelaksanaan FLS2N
1. Berasal dari unsur akademisi atau praktisi.
2. Memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.
3. Mampu bersikap adil dan tidak berpihak.
4. Bertanggung jawab terhadap keputusannya.
5. Tidak menjadi pembimbing peserta FLS2N.
6. Menandatangani pakta integritas sebagai juri FLS2N.

Pembiayaan FLS2N
Penyelengaraan Festival dan Lomba Seni Siswa di Tingkat Nasional Tahun 2017 dibiayai dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2017.

SMK program keahlian seni pertunjukan merupakan sekolah yang salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan warisan seni dan budaya luhur bangsa Indonesia serta untuk menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi dan prestasi di bidang seni dan budaya. Program Keahlian yang dibuka pada SMK antara lain seni musik dan seni tari. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan SMK non seni pertunjukan juga menyelenggarakan pembelajaran seni budaya baik melalui intra maupun ekstrakurikuler.
Dengan dibukanya Program Keahlian dimaksud bertujuan agar peserta didik dapat difasilitasi sesuai bakat dan minatnya dalam rangka pembangunan karakter, sehingga mampu menjadi anggota masyarakat yang demokratis, memiliki budi pekerti yang luhur dengan tetap memperhatikan norma-norma sosial di masyarakat.

Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, penggiat seni dan budaya, serta praktisi pendidikan, dan kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post