Laman

9 Apr 2017

Langkah – Langkah Dalam Pendekatan Sistem

Langkah – langkah dalam pendekatan sistem dapat beragam  karena suatu sistem tidak pernah mungkin mencapai kondisi maksimal. Apa yang maksimal pada detik ini mungkin tidak menjadi maksimal beberapa waktu kedepan.  

Langkah-langkah dalam pendekatan sistem merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan pemecahan masalah secara menyeluruh dan melakukan analisis secara sistemik. Secara garis besar ada enam langkah dalam pendekatan sistem diantaranya :

a.  Mendefinisikan masalah

Langkah pertama dalam pendekatan sistem adalah Identifikasi masalah. Identifikasi masalah akan memberikan gambaran masalah apa yang harus diselesaikan. Ada masalah yang dihadapi tetapi penyelesaiannya atau solusinya tidak ada. umpanya prestasi belajara peserta didik rendah. Análisis kebutuhan yang dilaksanakan memberi jawaban bahwa prestasi peserta didik rendah karena tidak ada sarana Perpustakaan sehingga kurang, kegiatan belajarnya ekstrakurikuler atau praktek laboratorium dll. maka kalau ini permasalahannya maka solusinya adalah membangun perpustakaan / laboratorium bukan dengan mengadakan diklat.

b. Mengumpulkan data

Pengumpulan data sangat penting, karena dengan terkumpulnya data dan dianalisis dengan baik hasilnya dapat dijadikan suatu pedoman dan panduan dalam kegiatan.

c. Identifikasi alternatif solusi

Identifakasi alternatif solusi adalah mencari solusi apa yang tepat dari permasalahan yang dihadapi. Identifikasi solusi ini dilaksanakan tujuannya untuk menghindari kesalahan dalam memecahkan masalah yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang dihadap suatu lembaga / instansi menyangkut sumberdaya manusia.

d. Pemilihan alternatif terbaik

Keputusan alternatif terbaik yang akan dipilih tentu hal ini berdasarkan analisis langah pertama dan kedua yang dilaksanakan disini akan dikaji mana yang efektif baik dari segi waktu, biaya tempat dll tanpa mengurangi bobot, karena persoalannya bukan dari banyaknya/ kuantitas itu dilaksanakan tapi dari bobot/ kualitas itu sendiri.

e. Implementasikan solusi dan tindak lanjut

Implementasi solusi dan tindak lanjut berarti melaksanakan solusi yang didapati dari analisis kebutuhan sebelummnya kemudian dilaksanakan tindak lanjutnya

f. Evaluasi.

Langkah terakhir dalam pendekatan sistem adalah Evaluasi. Evaluasi dari program dan kegiatan yang dilaksanakan sangat penting dilaksanakan. Evaluasi ini dilihat diantara komponen-komponen yang terlihat kurang baik dan kurang berfungsi apa yang harus diperbaikan dan perubahan apa dibuat mana yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu diganti dan sebagainya.

Ciri-Ciri Seseorang Telah Berpikir Sistemik

1. Optimal bukan maksimal

Sistem selalu berada dalam kondisi multi dimensi, baik dimensi ruang maupun waktu. Apa yang maksimal pada detik ini mungkin menjadi tidak maksimal pada beberapa waktu kedepan

2. Selalu mencari konteks pada permasalahan yang di hadapi

Sebuah sistem terkadang tidak terlihat perilakunya sebelum kita “ganggu” karena kondisi konteks merupakan input terhadap sebuah sistem terbuka maka sebuah sistem pasti berperilaku tertentu akibat input dari lingkungannya

3. Ada batas, cari dan pahami batas

Sistem selalu memiliki batas (boundaries). Ada batas yang secara fisik mudah dilihat dan ada batas non-fisik yang tidak terlihat atau tidak bisa kita rasakan keberadaannya. Ruangan anda memiliki batas fisik: tembok, jendela, pintu, lantai, atap. Pikiran anda memiliki batas non-fisik: batas antara apa yang anda tahu dan anda tidak ketahui, batas antara apa yang anda ingin tahu dan anda tidak ingin tahu

4. Belajar dari sebuah masalah secara analisa sistemik

Meletakkan elemen dalam konteks sebuah sistem keseluruhan,mempelajari elemen untuk mengerti elemen,Mempelajari hubungan antar elemen untuk mengerti system.

5. Sadari bahwa asumsi adalah asumsi bukan fakta

Asumsi dibangun berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kita, bukan berasal dari data. Sedangkan pengalaman atau pengetahuan dibangun terkadang tidak oleh kita sendiri, tetapi oleh orang lain yang “ditularkan” kepada kita.Jangan letakkan asumsi sejajar dengan data fakta, tetapi harus ada bobot berbeda, dan ini harus disadari bersama jika dilakukan dalam sebuah rapat untuk mengambil keputusan

6. Cari, perjelas dan sejajarkan tujuan system

Sistem memiliki tujuan. Sadari bahwa tujuan bersifat dinamis. Dinamis berarti berubah sesuai dengan perubahan lingkungannya, dinamis terjadi akibat umpan balik dari lingkungannya. Perubahan lingkungan ini mencakup berjalannya waktu, perubahan lokasi, perubahan struktur fisik maupun non-fisik dan perubahan lain yang signifikan merupakan umpan balik

7. Apakah bertentangan berarti berbeda

Berbeda memiliki makna positif, yaitu ada yang kritis dan ingin mengetahui logika pengambilan keputusan. Berbeda memiliki dampak positif, yaitu membuka kesempatan untuk melakukan dialog dan argumentasi sehat untuk saling mengeksplorasi perbedaan pendapat.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post