Laman

18 Apr 2017

Pedoman FLS2N SMK 2017

Pedoman FLS2N 2017 meliputi persyaratan peserta yang akan mengikuti FLS2N, Tata Tertib Lomba FLS2N, Informasi Juri FLS2N, Soal dan Kisi-kisi FLS2N

Bidang-Lomba-FLS2N-tahun-2017_thumb2

Berikut pedoman bagi tiap bidang yang dilombakan FLS2N :

A. Menyanyi Solo
1. Persyaratan Peserta
a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Seni atau Non Seni, tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil.
b. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3x4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen Seni Menyanyi Solo.

2. Tata Tertib Lomba
a. Melengkapi syarat administrasi dan biodata peserta secara online di http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n
b. Hadir di tempat lomba 1 (satu) jam sebelum lomba dimulai.
c. Keterlambatan peserta melebihi 30 menit tanpa alasan logis akan dipertimbangkan urutan penampilannya.
d. Panitia tidak akan menjelaskan ulang informasi yang sudah disampaikan pada saat technical meeting.
e. Mengenakan tanda pengenal/identitas yang disediakan panitia.
f. Tidak menimbulkan suasana atau kegiatan yang mengganggu peserta lain.
g. Tidak meninggalkan area ruang selama festival/lomba berlangsung.
h. Bila terpaksa meninggalkan area festival/lomba karena alasan penting harap meminta ijin pada Juri.
i. Peserta tidak diperbolehkan mengubah tata letak microphone (pelantang).
j. Peserta dilarang menggunakan minuman keras, alkohol dan obat terlarang lainnya, serta dilarang membawa senjata tajam.
k. Taat pada jadwal yang telah ditetapkan.

B. Solo Gitar Klasik
1. Persyaratan Peserta
a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Non Seni, tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil.
b. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3x4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen Seni Gitar Solo Klasik.

2. Tata Tertib Lomba
a. Peserta hadir di tempat lomba 1 (satu) jam sebelum dimulai.
b. Peserta yang terlambat melebihi 30 menit tanpa alasan logis maka, urutan penampilannya akan diberikan setelah seluruh peserta tampil.
c. Peserta mengenakan tanda pengenal/identitas yang disediakan penyelenggara.
d. Peserta tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan suasana yang berpotensi mengganggu peserta lain.
e. Peserta tidak meninggalkan area ruang selama lomba berlangsung.
f. Bila terpaksa meninggalkan area lomba karena alasan penting harap meminta ijin pada panitia/asisten juri.
g. Peserta tidak diperbolehkan merubah tata letak peralatan yang sudah ada kecuali atas persetujuan Juri.
h. Peserta hanya dapat melakukan proses penalaan (tuning) sebelum tampil di panggung kecuali seijin Juri.
i. Apabila terjadi gangguan teknis yang sifatnya diluar permainan (gangguan sound system, dawai putus) maka peserta, hanya dapat mengulang kembali atas permintaan Juri.
j. Peserta wajib menonaktifkan semua alat komunikasi selama berada di area lomba.
k. Peserta diperkenankan membawa peralatan penunjang yang tidak disediakan panitia penyelenggara, dengan memberikan informasi data dan alat tambahan sebelumnya kepada juri.
l. Peserta wajib menaati jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga : FLS2N 2017 Waktu Pelaksanaan dan Bidang Seni yang Dilombakan


C. Tari Tradisional
1. Persyaratan Peserta

a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Seni dan atau Non Seni. Setiap provinsi boleh mengirim 2 (dua) kontingen, dengan ketentuan:
1) Kontingen yang dikirim dari SMK Seni atau Non Seni saja dalam 1 (satu) kontingen.
2) Apabila mengirim 2 (dua) kontingen kelompok Seni dan Non Seni, maka hanya 1 (satu) kontingen yang dibiayai oleh Pusat.
b. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3x4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen
d. Setiap kelompok peserta menyerahkan naskah tari yang dilengkapi dengan daftar nama siswa sebagai penata gerak, penata busana, penata musik tari, dan nama-nama penari dengan mengirimkan ke pesertadidiksmk@kemdikbud.go.id dengan subjek “FLS2N 2017-Naskah Tari-Nama Provinsi”.
e. Setiap kelompok peserta wajib mengunggah video tari yang akan ditampilkan oleh calon peserta ke situs Youtube.com, dengan latar belakang/di lokasi yang menjadi ciri khas provinsi masing-masing (misalnya: Sumatera Selatan, Jembatan Ampera, Yogyakarta, Candi Borobudur dll), dengan format judul FLS2N SMK 2017-Tari-Nama Provinsi-Judul Tari. Video yang diunggah ke Youtube merupakan salah satu kriteria penilaian juri dalam menentukan pemenang dengan mengirimkan link ke pesertadidiksmk@kemdikbud.go.id dengan subjek “FLS2N 2017-Tari Tradisional-Nama Provinsi” paling lambat 18 September 2017.

2. Deskripsi Materi Festival
a. Deskripsi Materi Berdasarkan Kriteria Penilaian:
1) Materi Sajian adalah Garapan Tari Kelompok yang berorientasi pada bentuk penyajian tari tradisi yang dikembangkan secara kreatif dan inovatif baik dalam hal garap isi, teknik, bentuk, dan pemanggungannya. Garapan tari kelompok ini juga harus memperhatikan dan memenuhi ketentuan:
a)Jumlah Penari: 5 orang.
b)Durasi Sajian: 5 s.d. 7 menit.
c)Rias dan Busana: sesuai konsep karya dengan tetap mempertimbangkan kepantasan (norma dan etika).
d)Musik Tari: sesuai fungsinya dalam karya (mengikat, mengiringi, ataupun sebagai ilustrasi), memanfaatkan instrumen musik tradisi dan atau non-tradisi yang selaras, tersaji live (langsung), atau rekaman.
e) Naskah Tari: deskripsi ringkas tentang tari yang disajikan meliputi latar belakang karya, konsep karya, proses dan tahapan perwujudan karya, dan deskripsi karya termasuk foto-foto saat latihan dengan resolusi HD. Naskah dibuat rangkap 4 hard copy dan dalam bentuk soft copy, beserta video tari yang telah diunggah ke Youtube.
2) Keterampilan Teknik Gerak dan Penjiwaan Gerak ataupun Peran: setiap penari atau kelompok penari harus mampu menunjukkan penguasaan terhadap gerak ataupun peran yang dilakukan.

 

D. Cipta Dan Baca Puisi
1. Persyaratan Peserta
a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Seni atau Non Seni, tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil.
b. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3 x 4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen Seni Tari Tradisional.

2. Ketentuan Bagi Peserta
a. Peserta adalah wakil provinsi berdasarkan hasil seleksi tingkat provinsi, dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dilengkapi foto-foto pelaksanaan lomba. Apabila tidak dilakukan seleksi di tingkat provinsi, wajib dilengkapi surat keterangan penunjukkan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
b. Peserta harus mendaftar ulang sebelum kegiatan dilaksanakan (H-1) di lokasi lomba.
c. Penentuan nomor urut lomba akan diundi pada waktu technical meeting.
d. Peserta wajib hadir di tempat lomba 30 menit sebelum lomba dimulai.
e. Peserta wajib mengenakan pakaian rapi dan sopan serta memakai tanda pengenal yang telah disiapkan oleh panitia selama berada di area lomba.
f. Peserta disarankan mengenakan pakaian atau aksesoris ciri khas daerahnya pada saat tampil membaca puisi.
g. Peserta yang datang terlambat hanya boleh mengikuti lomba setelah ada persetujuan dari Juri.
h. Peserta tidak diperkenankan mengganggu jalannya lomba.
i. Selama lomba berlangsung, jika peserta menderita sakit segera lapor kepada penanggungjawab lomba.
j. Hal-hal lain berkenaan dengan ketentuan bagi peserta yang belum tercantum, akan diatur dalam pertemuan teknis (technical meeting).

 

E. Film Pendek
1. Persyaratan Peserta

a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Seni atau Non Seni, tiap provinsi hanya boleh mengirimkan 1 (satu) kontingen.
b. Peserta masih berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3 x 4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen Film Pendek.

2. Ketentuan Peserta
a. Peserta adalah wakil provinsi berdasarkan hasil seleksi tingkat provinsi, dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dilengkapi foto-foto pelaksanaan lomba. Apabila tidak dilakukan seleksi di tingkat provinsi, wajib dilengkapi surat keterangan penunjukkan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
b. Perwakilan tim produksi film pendek yang diundang hanya berjumlah 2 orang setiap provinsi (meskipun dalam proses produksi film pendek terdiri lebih dari 2 orang siswa SMK).
c. Peserta merupakan tim produksi film pendek yang mewakili satu provinsi, dapat berasal dari SMK yang berbeda.
d. Pemeran dalam produksi film pendek tidak harus unsur tim yang terlibat dalam produksi.
e. Peserta wajib memakai tanda pengenal yang telah disiapkan oleh panitia selama berada di area festival/lomba.
f. Peserta tidak diperkenankan mengganggu jalannya festival/lomba.
g. Hal-hal lain berkenaan dengan ketentuan bagi peserta yang belum tercantum, akan diatur dan disepakati dalam pertemuan teknis (technical meeting) dan menjadi tanggung jawab serta kewenangan Juri.

 

F. Piano Klasik
1. Persyaratan Peserta
a. Peserta adalah siswa yang berasal dari SMK Non Seni, tiap provinsi hanya 1 (satu) wakil.
b. Peserta masih aktif dan berstatus sebagai siswa SMK pada tahun pelajaran 2017/2018.
c. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fls2n dilengkapi dengan fotocopy/scan rapor terakhir yang menandakan masih aktif sebagai siswa SMK dan pas foto (3 x 4) dengan latar belakang berwarna merah, dan surat keterangan sehat paling lambat tanggal 11 September 2017. Bagi peserta yang mendaftar melewati batas tanggal tersebut dinyatakan tidak mengirimkan kontingen Seni Piano Klasik.
2. Tata Tertib Lomba
Peserta wajib:
a. Melengkapi syarat administrasi dan biodata peserta.
b. Hadir di tempat lomba satu jam sebelum dimulai.
c. Menaati ketentuan, antara lain keterlambatan peserta melebihi 30 menit tanpa alasan logis maka, urutan penampilannya akan diberikan setelah seluruh peserta tampil.
d. Mengikuti technical meeting. Panitia penyelenggara tidak akan menjelaskan ulang informasi yang sudah disampaikan pada saat technical meeting.
e. Mengenakan tanda pengenal/identitas yang disediakan panitia.
f. Menjaga ketertiban dan tidak menimbulkan suasana atau kegiatan yang mengganggu peserta lain.
g. Menaati ketentuan dengan tidak meninggalkan area/ruang selama lomba berlangsung.
h. Meminta ijin kepada panitia bila terpaksa meninggalkan area lomba karena alasan penting.
i. Tidak merubah tata letak peralatan yang sudah ada kecuali atas persetujuan dewan juri.
j. Mencoba alat musik (piano) yang sudah disediakan panitia hanya pada saat technical meeting sesuai dengan yang diatur oleh panitia.
k. Mengulang kembali penampilan hanya atas permintaan dewan juri, apabila terjadi gangguan teknis yang sifatnya di luar permainan (gangguan sound system).
l. Menonaktifkan alat komunikasi ketika berada di dalam ruangan lomba.
m. Menaati jadwal yang telah ditetapkan.

Download PDF Pedoman FLS2N

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post