Laman

3 May 2017

Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) 2018 untuk Lulusan SMA dan Sederajat (S1,D3, D2)

beasiswa jepang 2017 2018

Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan SMA, SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Undergraduate/GAKUBU (S-1), College of Technology/KOSEN (D-3) atau Specialized Training College/SENSHU (D-2) di Jepang. Pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.
Sebelum masuk universitas, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) di tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS), dan Fisika, Kimia, Biologi (bagi jurusan IPA).

 


FASILITAS
  1. Full cover biaya pendidikan

  2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan (tahun fiskal 2017)

  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia (Jakarta) - Jepang

  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar

  5. Tanpa ikatan dinas


MASA PENDAFTARAN

Akan dibuka sekitar bulan Mei-Juni setiap tahunnya

PROGRAM

UNDERGRADUATE / GAKUBU (S-1)
Masa belajar 5 tahun (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi, masa belajar adalah 7 tahun), termasuk 1 tahun belajar di preparatory school.

PERSYARATAN :

  1. Lulusan SMA, SMK dan sederajat
  2. Berusia di bawah 22 tahun pada tahun keberangkatan
  3. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4 Bagi pelamar yang memilih bidang studi dalam kategori IPS, dan nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 8,4, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3
  4. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut (klik disini -PDF)

CATATAN

  1. Pelamar lulusan SMA jurusan IPS/ Bahasa tidak bisa memilih bidang studi pada kategori IPA.
    Pelamar SMA jurusan IPA bisa memilih bidang studi pada kategori IPS maupun IPA.
  2. Pelamar lulusan SMK memilih bidang studi yang linear dengan jurusannya di SMK (contoh: jurusan teknik otomotif bisa memilih bidang studi pada kategori IPA, jurusan administrasi perkantoran bisa memilih bidang studi pada kategori IPS).

PILIHAN BIDANG STUDI

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    • IPS-A  : 1. Law, 2. Politics, 3. Pedagogy, 4. Sociology, 5. Literature, 6. History, 7. Japanese language, 8. others.
    • IPS-B  : 1. Economics, 2. Business Administration
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    • IPA-A : Science (1. Mathematics, 2. Physics, 3. Chemistry), Electric and Electronic Studies (4. Electronics, 5. Electrical Engineering, 6. Information Engineering), Mechanical Studies (7. Mechanical Engineering, 8. Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (9. Civil Engineering, 10. Architecture, 11. Environmental Engineering), Chemical Studies (12. Applied Chemistry, 13. Chemical Engineering, 14. Industrial Chemistry, 15. Textile Engineering), other fields (16. Metallurgical Engineering, 17. Mining Engineering, 18. Maritime Engineering, 19. Biotechnology)
    • IPA-B :: Agricultural studies (1. Agriculture, 2. Agricultural Chemistry, 3. Agricultural Engineering, 4. Animal Science, 5. Veterinary Medicine, 6. Forestry, 7. Food Science, 8. Fisheries), Hygienic studies (9. Pharmacy, 10. Hygienics, 11. Nursing), and Science (12. Biology).
    • IPA-C : 1. Medicine, and 2. Dentistry

    Catatan

    1. Pelamar yang memilih jurusan selain jurusan di atas (memilih “others”) ada kemungkinan kesulitan menemukan universitas yang dapat menerima pelamar.
    2. Semua bidang studi yang berhubungan dengan “Economics” dan “Business Administration” tergolong dalam “IPS-B”, bukan “others”.
    3. Pelamar yang berniat memilih bidang studi IPA lebih dari satu, pilihan pertama, kedua dan ketiga harus berasal dari kategori yang sama (IPA-A, IPA-B, atau IPA-C). Namun, bagi pelamar yang pilihan pertamanya berasal dari kategori IPA-C, boleh memilih pilihan kedua dan ketiga dari kategori IPA-B maupun IPA-C.

    MATERI UJIAN TULIS

    IPS-A, B  
    : Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang

    IPA-A
    : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika dan Bahasa Jepang

    IPA-B, C  
    : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi dan Bahasa Jepang

    COLLEGE OF TECHNOLOGY / KOSEN (D-3)
    Informasi mengenai KOSEN silakan pelajari di link berikut: http://www.kosen-k.go.jp/english/index.html

    Masa studi 4 tahun, termasuk 1 tahun belajar di preparatory school. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SMP di Jepang. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SMA, SMK dan sederajat) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen/percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).

    PERSYARATAN

    1. Lulusan SMA, SMK dan sederajat Jurusan IPA saja
    2. Berusia di bawah 22 tahun pada tahun keberangkatan
    3. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0
    4. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut (klik disini -PDF)

    PILIHAN BIDANG STUDI
    Pelamar dapat memilih maksimal 3 bidang studi yang sesuai dengan kategorinya (Kimia/Fisika).

    Kimia : Materials Engineering.

    Fisika  : Mechanical Engineering; Electrical and Electronic Engineering; Information, Communication and Network Engineering; Architecture; Civil Engineering; Maritime Engineering; Other Fields.

    Catatan

    1. Untuk informasi detail mengenai bidang studi, silakan pelajari ANNEX KOSEN (D3) yang dapat di-download di laman ini.

    2. Pelamar yang memilih “Other Fields” (International Communication, Management Information Engineering, dsb) ada kemungkinan kesulitan menemukan universitas yang dapat menerima pelamar.

    MATERI UJIAN TULIS
    Matematika, Bahasa Inggris, Kimia/ Fisika (sesuai dengan pilihan bidang studi), dan Bahasa Jepang

    SPECIALIZED TRAINING COLLEGE / SENSHU (D-2)
    Masa belajar 3 tahun termasuk 1 tahun belajar di preparatory school. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.

    PERSYARATAN

    1. Lulusan SMA, SMK dan sederajat
    2. Berusia di bawah 22 tahun pada tahun keberangkatan
    3. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0 Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8,0, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N4
    4. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut (klik disini -PDF)

    PILIHAN BIDANG STUDI
    Pelamar dapat memilih maksimal 2 jurusan dalam 1 Field of Study yang sama.
    Field of Study : Technology, Personal Care and Nutrition, Education and Welfare, Business, Fashion and Home Economics, Culture and General Education, Other Fields.

    Catatan

    1. Untuk informasi pilihan jurusan, silakan pelajari ANNEX SENSHU (D2) yang dapat di-download di laman ini.

    2. Pelamar yang memilih “Other Fields”, wajib menuliskan dengan jelas jurusan apa yang ingin mereka pelajari di formulir aplikasi.

    MATERI UJIAN TULIS
    Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang



    C A T A T A N
    1. Bagi pelamar yang sekolahnya tidak menggunakan standar nasional/sistem Ujian Nasional (misalnya sekolah dengan standar IB/Internasional), mohon menyertakan fotokopi rapor dari semester awal hingga akhir yang telah dilegalisir. Bagi pelamar yang sekolahnya menggunakan sistem UN, maka rapor tidak diperlukan.
    2. Semua soal ujian dalam Bahasa Inggris.
    3. Lulusan Undergraduate/ GAKUBU (S-1) dapat melanjutkan ke S-2, sedangkan lulusan College of Technology/ KOSEN (D-3) dan Specialized Training College/ SENSHU (D-2) dapat melanjutkan ke Undergraduate/ GAKUBU (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Namun, untuk melanjutkan beasiswa, akan tergantung pada prestasi pada jenjang pendidikan sebelumnya dan hasil seleksi. Para siswa tentunya juga harus mengikuti ujian masuk universitas.

    DAFTAR DOKUMEN YANG DIPERLUKAN Siapkan dokumen masing-masing 1 rangkap:
    1. Lembar print-out konfirmasi registrasi online yang berisi “Nomor Ujian” pelamar.
    2. Formulir Aplikasi (bisa di-download) * Pasfoto 4,5 x 3,5 cm (ditempel, bukan di print, pada application form, foto 6 bulan terakhir, formal)
    3. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir/cap basah oleh sekolah *wajib*
    4. Fotokopi SHUN yang dilegalisir/cap basah oleh sekolah *wajib*
    5. Fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) * bagi yang sudah memiliki saja *
      ※ Dokumen jangan dijilid.
      Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta.

      ※ Link soal tes tulis tahun 2014 dan 2015:
      http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0302e-32.html#1

      Untuk pertanyaan, silakan menghubungi Bagian Informasi dan Kebudayaan. Kedutaan Besar Jepang. (Email: beasiswa@dj.mofa.go.jp)

    Sumber : Kopertis12

      Kedubes Jepang di Indonesia

    (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html)

    loading...
    artikel kejuruan

    No comments:

    Post a Comment

    Search Post