Laman

6 May 2017

Kemendikbud Terus Upayakan Perbaikan Mutu SMK

image

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya untuk memajukan pendidikan vokasi melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap terjun ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Mustaghfirin Amin, pada dialog yang bertajuk Pendidikan Vokasi Menjawab Tantangan Dunia Usaha dan Dunia Industri, di SMKN 3 Garut, Sabtu (6/5).

Mustaghfirin mengatakan, tahun ini sebanyak 1,4 juta siswa lulusan SMK siap memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah akan terus memajukan mutu pendidikan SMK agar selalu siap diterima dunia usaha maupun industri.
Mustagfirin menyampaikan, Kemendikbud terus berupaya memberi pemahaman dan kesadaran kepada anak-anak Indonesia untuk bersekolah di SMK. Hal tersebut dikarenakan lulusan SMK dapat mengembangkan wirausaha karena telah dibekali kemampuan untuk mandiri dan berwirausaha.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah, memaparkan bahwa SMK saat ini memiliki 142 program studi. Agar lulusannya bagus, kata dia, harus disiapkan tenaga pengajar yang kompeten. "Lulusan SMK ke depan harus terampil, siap pakai dan profesional", imbuhnya.
Ferdiansyah menyampaikan, Komisi X DPR RI sangat mendukung Instruksi Presiden RI No. 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Ia berharap lulusan SMK langsung tersertifikasi agar nantinya bisa berkompetisi di tingkat global.
Terkait penyelenggaraan pendidikan SMK di Jawa Barat, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dodin R Nuryadin menjelaskan pihaknya siap mendukung peningkatan daya saing dan kualitas sumber daya manusia melalui SMK. Ia menyebutkan, dari 20 juta siswa yang ada di Jawa Barat, 72 persennya adalah siswa SMK. "SMK siap mendukung daya saing dengan semboyan Winning the Global Competition", ujarnya.

Mengenai kualitas lulusan SMK, General Manager Sumber Alam Resort Garut, Yoen Wachyu mengajak pemerintah terus mengikuti perkembangan dunia usaha dan dunia industri. Yoen menyampaikan bahwa perlu penguatan semua potensi untuk tujuan memajukan ekonomi lokal dan menyejahterakan masyarakatnya. "Kita butuh lulusan SMK yang bisa bekerja dan mampu bekerja sama, bukan siap bekerja saja", katanya.
Dalam mendukung upaya pemerintah menyiapkan lulusan SMK yang kompeten, Sumber Alam Resort telah melakukan beberapa program, di antaranya dengan melakukan job training bagi siswa SMK serta menawarkan pelatihan bagi guru SMK [PS]

kemdendikbud

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post