Laman

6 Jun 2017

Pengumuman Hasil Ujian SBMTN 2017 Beserta Cara Melihatnya

Hasil ujian sbmptn akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Peserta sbmptn yang telah mengikuti ujian sbmptn tentu harap-harap cemas pengumuman hasil ujian sbmptn yang telah dilakukan serentak yaitu berupa Ujian Tertulis (PBT dan CBT) pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017 dan juga Ujian Keterampilan yang dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada selasa 13 juni merupakan merupakan hal yang sangat diunggu- tunggu oleh siswa. Pengumuman hasil sbmptn ini tentunya memberikan beragam tanggapan dari siswa dan sebagaian besar akan membuat siswa-siswa harap-harap cemas mengingat pengumuman sbmptn merupakan penentu masa depan dan jalan menuju kampus negeri yang diimpikan. Hasil ujian sbmptn merupakan nilai dari rangkaian ujian yang telah dilakukan siswa berdasarkan kelompok ujian yang terbagi ke dalam 3 jenis yaitu yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek) dengan materi ujian tkpa dan tkd saintek, kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dengan materi ujian tkpa dan tkd soshum. Dan kelompok ujian campuran dengan materi ujian tkpa, tkd saintek, dan tkd soshum.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN  2017 adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi. 

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN  2017 adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat. Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN  melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan SBMPTN, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2017 melaksanakan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016, dan 2017 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2015, 2016, dan 2017.

Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT menggunakan soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Cara Melihat Pengumuman Hasil ujian SBMPTN

Berdasarkan sumber resmi dari website sbmtpn bahwa pengumuman resmi SBMPTN di umumkan pada alamat : pengumuman.sbmptn.ac.id. untuk mengecek hasil ujian silahkan akses halaman tersebut dan bentuk dari tampilan halaman pengumuman tersebut adalah seperti gambar di bawah ini

pengumuman sbmtn 2017

Pada halaman tersebut terlihat kolom Nomor Peserta dan Tanggal Lahir Silahkan isikan kolom tersebut sesuai dengan nomor peserta dan tanggal lahir yang tertera pada kartu peserta sbmtn, selanjutnya mengisi kode captcha. Isi kode captcha yang terlihat sesuai dengan tulisan yang muncul dan jika sudah silahkan klik tombol cari.

Setelah tombol cari di klik maka akan memberikan keterangan tentang kelulusan yang menyatakan lulus atau tidak lulus.

Semoga pengumuman hasil ujian sbmptn pada tanggal 13 Juni 2017 dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi setiap peserta ujian. Hasil pengumuman sbmtpn tersebut merupakan gambaran nyata kemampuan dan kerja keras siswa selama menempuh pendidikan di pendidikan menengah. Pengumuman hasil ujian sbmptn juga dapat sebagai bahan evaluasi bagi guru dan sekolah dalam mengukur prestasi kualitas pendidik.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post