Laman

7 Nov 2017

Dasar - Dasar HTML Membuat Paragraf dan Link Alamat Web

Dasar penulisan halaman html pada umumnya ditulis dalam bentuk format sebagai berikut:

<html>
     <head>
        <title>Judul</title>
    </head>
    <body>
      Bagian body berisi semua file yang terdapat pada isi web. pada bagian ini kita dapat memasukan file berupa text, gambar, atau apapun yang ingin tampil pada dokumen web.
        </body>
</html>

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yaitu sebuah bahasa markup yang memberi nilai tambah/kemampuan lebih dari sebuah teks untuk ditampilkan pada halaman browser dengan kata lain, HTML merupakan sebuah standar yang digunakan untuk menampilkan dokumen web. Misalnya sebuah teks ”My WEB” kemudian dengan HTML diberi tanda <b>My WEB</b>, maka dengan pemberian tanda <b> menyebabkan teks My WEB tercetak tebal dihalaman browser, begitu juga dengan pemberian tanda-tanda (tag) lainnya, sehingga dengan tanda-tanda yang dimiliki oleh HTML membuat teks dapat tampil sesuai keinginan.

Script html di atas merupakan struktur dasar dari file HTML. struktur file HTML diawali dengan sebuah tag<html> dan ditutup dengan tag </html>. Di dalam tag ini terdapat dua buah bagian besar, yaitu yang diapit oleh tag<head>…</head> dan tag <body>…</body>.


Bagian yang diapit oleh tag HEAD merupakan header dari halaman HTML dan tidak ditampilkan pada browser. Bagian ini berisi tag-tag header seperti <tittle>… </tittle> yang berpungsi untuk mengeluarkan judul pada tittle bar window web browser.
Bagian selanjutnya yang diapit oleh tag BODY merupakan bagian yang akan ditampilkan pada halaman web browser nantinya. Pada bagian ini anada akan menuliskan semua jenis informasi berupa teks dengan bermacam format maupun gambar yang ingin sampaikan pada pengguna nantinya

cara mengetahui hasil dari struktur html yang telah dibuat di atas adalah dengan menuliskan cript di notepad atau editor lainnya seperti notepad++ atau sublime dan disimpan dengan nama latihan1.HTML

struktur dasar html

Gambar penyimpanan file latihan1

Untuk menjalankan struktu html dasar yang telah kita buat dilakukan dengan membuka file latihan1.html seperti yang terlihat pada gambar di atas.

contoh struktur dasar html

Gambar hasil latihan1.html

Struktur dasar html yang dijalankan pada web browser disini digunakan web browser mozilla firefox. Terlihat pada bagian title ditampilkan bahwa title halaman yang dibuat adalah judul. Pada bagian body ditampilkan tulisan yang telah dibuat.

Untuk mengembangkan halaman html yang dibuat dibutuhkan properti yang lebih banyak lagi dan membutuhkan pengaturan yang lebih banyak juga tentunya. Properti document diatur melalui atribut-atribut yang terdapat dalam elemen <body>. Sebagai contoh adalah pengaturan warna latar belakng halaman, wana teks, warna link dan lain-lain.

Membuat Paragraf HTML

Seperti pada halaman word dihalaman HTML juga diperlukan pembuatan paragraf contoh pembuatan paragraf pada halaman html dapat menggunakan script berikut :

<html>
<head>
    <title>Paragraf</title>
</head>
<body>
     <p> Ini adalah paragraf pertama.Ini adalah paragraf pertama. Ini adalah paragraf pertama. Ini adalah paragraf pertama. Ini adalah paragraf pertama. Ini adalah paragraf pertama. </p>

<p> Ini adalah paragraf kedua. Ini adalah paragraf kedua. Ini adalah paragraf kedua. Ini paragraf adalah kedua. Ini adalah paragraf kedua. </p>
</body>
</html>

Penulisan script html yang menampilkan contoh paragraf ini disimpan dengan nama paragraf.html selanjutnya ketika dihajalankan hasilnya sebagai berikut:

paragraf pada HTML

Gambar hasil script latihan paragraph.html

 

Membuat Link HTML

Link merupakan properti pada halaman html yang digunakan sebagai akses untuk membuka sebuah url yang diinginkan. Berikut merupakan contoh penggunaan link pada halaman html:

link.html

<html>
    <head>
    <title>Link</title>
    </head>
    <body>
        <a href="http://www.kejuruan.net"> Ini adalah link kejuruan.net</a>
    </body>
</html>

script di atas disimpan dengan nama link.html selanjutnya dijaankan akan menghasilka tampilan sebagai berikut :

contoh membuat link pada html

Gambar hasil script latihan link.html

Dasar html berupa penulisan link seperti gambar di atas akan menghasilkan sebuah tulisan yang bisa di klik (clikcable) ketika tulisan tersebut di klik maka akan mengarah kepada link yang telah dibuat. disini link yang dibuat mengarah ke alamat http://www.kejuruan.net.

loading...
artikel kejuruan

1 comment:

  1. terimakasih banyak atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/neo-walet-facial-soap/

    ReplyDelete

Search Post