Laman

21 Jan 2018

Deskripsi Jurusan Otomotif SMK dan Seperti Apa Peluang Kerjanya

Jurusan otomotif di smk (sekolah menengah kejuruan) merupakan sebuah program keahlian. Progam keahlian otomotif memiliki paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Alat Berat dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.  Jadi saat ingin memutuskan memilih jurusan otomotif di smk hal tersebut masih bersifat umum mengingat di smk jurusan otomotif atau paket keahlian otomotif materi pelajarannya disajikan dalam bentuk paket keahlian seperti yang disebutkan di atas.

jurusan otomotif

Saat mendengar istilah otomotif tentu yang terbayang adalah perbaikan yang berhubungan dengan mobil. Hal demikian menjadi anggapan karena secara umum otomotif yang dikenal adalah hal yang berhubungan dengan kendaraan roda empat dan sejenisnya. Saat meliihat pameran otomotif dan majalah otomotif pasti yang diulas mengenai mobil, baik berupa teknologi yang digunakan mobil hingga kemampuan dalam hal kecepatan yang dapat ditampilkan oleh mobil tersebut.

Namun jika pada jurusan otomotif smk terdapat paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Alat Berat dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif tentu menimbulkan pertanyaan apa yang membedakan paket keahlian tersebut meskipun masih sama dalam kelompok program keahlian otomotif. Untuk lebih jelas mengenai paket keahlian otomotif yang ada saat ini di smk berikut ulasan mengenai masing – masing paket keahlian tersebut.

Teknik Kendaraan Ringan

Secara garis besar teknik kendaraan ringan merupakan paket keahlian dari program keahlian teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan tenaga terampil untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. 

Selanjutnya Secara khusus tujuan paket  Keahlian Teknik Kendaraan Ringan ditujukan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, memahami dasar-dasar mesin, memahami proses-proses dasar pembentukan logam, menginterpretasikan gambar teknik, memeliharaan/servis engine dan komponen-komponen- nya, memperbaiki sistem rem, memperbaiki sistem kemudi.

Peluang kerja Teknik Kendaraan ringan sesuai dengan paket keahlian dan komptensi yang dimilikinya adalah dapat bekerja di industri yang membutuhkan perawatan dan pemiliharaan pada mesin/engine untuk kebutuhan produksi.

Teknik Sepeda Motor

Paket keahlian teknik sepeda motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atauperusahaan pribadi (wirausaha).

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah membekali pesertadidik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal perawatan dan perbaikan engine sepeda motor, perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga sepeda motor, perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi sepeda motor, perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor.

Peluang kerja Teknik Sepeda Motor dapat bekerja menjadi mekanik di dealer motor, menjadi wirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

Teknik Alat Berat

Teknik Alat Berat adalah paket keahlian yang mempelajari  praktik mesin-mesin besar. Mesin-mesin besar yang dimaksud adalah alat berat seperti escavator, bulldozer, grader, dan sebagainya. Tujuan Program Keahlian Teknik Alat Berat adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang Alat Berat, memiliki keahlian dalam bidang Alat Berat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Peluang kerja teknik alat berat di industri sebagai tenaga terampil di bidang alat berat, bukan hanya sebagai operator, tapi juga sebagai tenaga maintenance, teknisi. Di industri pertambangan tenaga terampil alat berat sering ditempatakn  sebagai operator atau teknisi hal ini cukup menjanjikan karena mengingat gaji di perusahaan tambang yang tergolong besar.

Teknik Perbaikan Bodi Otomotif

Teknik perbaikan bodi otomotif adalah salah satu paket keahlian yang menyiapkan tenaga terampil untuk menjadi seorang teknisi  dalam  bodi mobil tersebut dapat terdiri dari interior maupun exterior.

Selain dapat mengerti tentang bodi mobil, peserta didik pada jurusan teknik perbaikan bodi otomotif juga diajarkan tentang sisi lain kendaraan yang berkaitan seperti sistem kelistrikan mobil dan dasar mesin mobil, pengelasan dll.

Peluang kerja perbaikan bodi otomotif dapat bekerja di bengkel modifikasi mobil, perusahaan otomotif dan dapat juga mejadi wirausaha dengan membuka bengkel bodi repair, salon mobil dan aksesoris mobil.

loading...
artikel kejuruan

No comments:

Post a Comment

Search Post