Laman

12 Feb 2018

Jurusan smk yang mudah dapat pekerjaan

Jurusan smk yang mudah dapat pekerjaan banyak menjadi hal yang ditanyakan baik bagi siswa yang ingin melanjutkan studi maupun bagi para orang tua siswa sendiri mengingat pemilihan jurusan sangat menentukan masa depan yang akan ditempuh oleh anaknya di masa depan. Era globalisasi telah mengubah perubahan peta kebutuhan tenaga kerja terutama di generasi milleneal saat ini oleh karena itu pemilihan jurusan yang tepat di waktu tamat yang tepat adalah hal yang dapat memberi peluang lebih untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat nantinya.
image_thumb5

Berbicara jurusan smk yang paling diminati mungkin dapat memberikan gambaran bahwa jurusan tersebut diminati karena banya memberi peluang kerja atau karena faktor lain seperti minat kebanyakan siswa saat ini. Seperti minat menjadi teknaga it telah menjadikan jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) dan teknik komputer dan jaringan (TKJ) sebagai jurusan favorit.  Kita bisa melihat bagaimana pada era zaman sekarang kecenderungan seseorang terhadap teknologi bisa jadi faktor pemicu meningkatnya peminat untuk memilih jurusan tersebut. Namun apakah minat terhadap jurusan tersebut berbanding lurus dengan peluang kerja yang tersedia bagi lulusan tersebut. Terutama untuk di daerah yang belum berkembang dan masih sedikit penggunaan teknologi informasi.

Jurusan smk yang mudah mendapatkan pekerjaan dan paling diminati berbeda – beda disetiap daerah mengingat kebutuhan daerah berbeda – beda hal ini sesuai dengan tujuan smk dan pengertian smk menurut para ahli dalam penjelasan tersebut dinyatakan bahwa smk dikembangkan dengan memperhatikan penilaian sektor ekonomi,  pemahaman dasar tentang pembangunan ekonomi, dan pemberdayaan sumber daya manusia. Untuk daerah yang terdapat di garis pantai maka pembukaan jurusan pelayaran dengan jurusan teknika dan nautika dapat memberi peluang dan prospek yang bagus. Tamatan smk di daerah tersebut dapat dipersiapkan menjadi teknisi kapal dan pramusaji di kapal. Dengan bertimpat tinggal di daerah yang banyak memiliki aktivitas pelayaran seperti aktivitas pelabuhan besar dan penangkapan ikan jurusan teknika dan nautika tentu akan menjadi jurusan yang memiliki prospek yang lebih menjanjikan. Daerah yang memiliki pelabuhan besar dapat memberikan peluang yang baik untuk jurusan ketatalaksanaan dan kepelabuhan.

Jurusan smk yang bagus dan mudah mendapatkan pekerjaan berdasarkan uraian diatas tergantung pada kebutuhan daerah dan distribusi tenaga di daerah tersebut. Untuk mendapatkan jawaban ini kita harus mengetahui berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan dibidang apa tenaga kerja tersebut dibutuhkan. Sebagai contoh apabila kita mengetahui berapa tenaga terampil dibidang otomotif yang dibutuhkan di sebuah daerah dan berapa ketersedian tenaga kerja di bidang otomotif di daerah tersebut tentu dapat dijadikan informasi yang berguna dalam pemilihan jurusan. jika di daerah A perusahaan membutukan 3000 tenaga terampil di bidang otomotif sedangkan yang tersedia hanya 2000 tentu masih teresedia sektar 1000 tenaga kerja lagi yang akan diserap. Jika sebagai siswa tamat dalam rentang waktu daerah A masih membutuhkan 1000 tenaga kerja hal ini akan memberikan peluang yang bagus sebagai lulusan smk untuk bekerja. Sebaliknya jika ketersediaan tenaga kerja di bidang otomotif melebihi ketersedian peluang kerja tentu akan menjadikan pilihan jurusan otomotif sebagai jurusan yang tidak memberikan prospek kerja yang baik.

Untuk mudah mendapatkan pekerjaan para calon pelajar smk yang akan memilih jurusan di smk hendaknya mencari data yang baik mengenai sebaran kebutuhan dunia usaha dan industri serta sebaran ketersediaan tenaga kerja. selanjutnya disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Jika memiliki minat di bidang tata rias dan busana mungkin lebih baik memilih jurusan tersebut dibanding jurusan multimedia. Dengan minat dan bakat di bidang tata rias dan busana maka akan mudah menjadi tenaga terampil dan dapat menjadi wirausaha mandiri nantinya setelah lulus.
loading...
artikel kejuruan

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Search Post